[TUTORIAL] Cara Mengatasi Game Android Force Close (Keluar Sendiri)


Jaman sekarang sudah sangat modern mulai dari komputer, motor, mobil, smartphone dan sebagainya. Tapi yang banyak peminat nya dan banyak guna nya menurut saya adalah smartphone.

Selain banyak kegunaan smartphone juga bisa di buat untuk hiburan. Hiburan nya yaitu dengan cara bermain game online ataupun offline.

Di antara semua game on ataupun off pasti mempunyai ukuran berbeda. Ada yang besar ataupun kecil.

Kalo Anda tidak mandang ukuran malah langsung instal aja. Eh, Tau tau nya keluar sendiri. Itu namanya force close.

Jika di biarkan saja maka akan terjadi force close terus menerus. Tapi tenang saja kita ketahui dulu penyeban dan cara menangani nya di bawah ini.f

Apa Yang Menyebabkan Game Keluar Sendiri?

Cukup banyak loh penyebab dari keluar nya game secara tiba tiba. Diantara nya yaitu adalah sebagai berikut.

  1. Versi Game Sudah Terlalu Lama. Versi merupakan salah satu kepentingan yang harus kita ketahui, Agar setiap dalam menggunakan aplikasi atau game itu dapat berjalan dengan lancar Tanpa ada gangguan sedikitpun.
  2. Penyimpanan Internal Yang Terlalu Banyak. Jika penyimpanan internal Anda tersisa sedikit, Kemungkinan penyebab saat bermain game force close itu di karenakan penyimpanan Anda yang terlalu banyak. Sehingga game tersebut tidak berjalan dengan normal.
  3. Banyak Nya Cache. Cache sebenarnya berguna bagi kecepatan pada game. Akan tetapi di sisi lain cache juga dapat memperlambat atau mengakibatkan terjadi nya error pada game.
  4. OS Android Yang Tidak Cocok. Pada playstore, Semua game telah di beri tanda persyaratan. Gunanya agar orang lain tau bahwa OS miliknya itu pantas buat game yang akan di instal nya. Apabila OS Anda lebih rendah dari persyaratan. Mungkin ini dia penyebab terjadi nya force close pada game. Tapi perlu di ingat tidak semuanya game force close karena OS.
  5. Ruang Ram Sedikit. Perlu Anda ketahui bahwa ram adalah salah satu kepentingan saat bermain game. Sebaiknya cek terlebih dahulu sebelum terjadi masalah seperti ini. Karena mencegah lebih baik dari pada terjadi.

Solusi Game Keluar Sendiri

Untuk solusi yang akan sekarang saya bagikan ini terdiri dari 5 cara. Anda dapat melakukan nya sendiri karena cara di bawah ini cukup mudah di praktekan. Ok, Langsung saja lihat cara caranya.

1. Hapus Aplikasi Yang Tidak Penting



Langkah pertama yang harus Anda lakukan agar tidak terjadi force close lagi adalah salah satunya menghapus Aplikasi yang tidak berguna. Selain menguntungkan aplikasi tidak guna juga dapat memperlancar saat bermain game.



2. Hapus Cache




Menghapus cache sebenarnya ada dua dampak. Satu dapat mengakibatkan kelemotan atau bahkan error pada game. Dan satunya lagi dapat memperlancar pada game. Tapi sebaiknya saran dari saya adalah menghapus cache. Karena cache lebih berdampak ke negatif nya dari pada ke positif nya.

Untuk langkah langkah masuk nya Anda cukup masuk ke Setelan > Aplikasi > Pilih Aplikasi > Cari Hapus Cache. Kalau sudah tidak bisa di pencet lagi hapus cache, Kini cache Anda sudah terhapus.

3. Update Game Ke Versi Baru



Tanda adanya pengupdate'an pada game adalah memberi info bahwa di game tersebut ada fitur baru. Selain dari itu Mengupdate game juga bisa jadi dapat membantu mengganti file file yang rusak karena versi sebelumnya sudah termasuk kadaluarsa. Jadi dengan adanya pengupdate'an, Game pun akan berjalan optimal.

4. Restar Ulang HP



Merestar ulang hp adalah salah satu cara yang cukup mujarab bagi yang mengalami force close pada game nya. Di karenakan merestar hp dapat menghentikan aplikasi yang sedang berjalan dan yang lainnya. Sehingga hp terasa fresh saat di gunakan.


5. Reset Data Pabrik




Sebelum menjelaskan secara detail, Saya mau tanya dulu. Reset data pabrik itu apa ya? Menurut saya reset data pabrik itu adalah menghilangkan semua berkas yang baru Anda unduh, Lalu di gantikan dengan berkas yang ada di bagian sistem.

Jadi sampah dan virus tidak ada satu pun yang nempel di smartphone Anda. Karena semuanya telah kembali seperti baru. Dan Memainkan game pun bakalan jauh dari masalah force close.

Untuk pengguna redmi 2 langkah langkah me-reset data pabrik nya cukup masuk ke Pengaturan > Setelan Tambahan > Buat Cadangan Dan Setel Ulang > Pilih Kembalikan Ke Setelan Pabrik > Terakhir Pilih ok. Jika Anda bukan pengguna Redmi 2 kemungkinan cara nya pun juga akan sama.

Nah itulah 5 Penyebab dan 5 Cara mengatasi game keluar sendiri atau force close di android. Semoga artikel yang saya bagikan ini bermanfaat bagi Anda semua.

35 Responses to "[TUTORIAL] Cara Mengatasi Game Android Force Close (Keluar Sendiri)"

  1. keren bro tutorial nya suka kesel kalau lagi maen game tiba tiba nutup sendiri.

    ditunggu update lain nya ya.

    ReplyDelete
  2. thanks bro, sering nih buat game wwe di hape ane auto force close sedih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk sedih tingkat dewa. Semoga dapat membantu dengan artikel ini gan :v

      Delete
  3. iya sering bat nih auto close kalo ngegame. Menyebalkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang iya wkwkwk. Semoga dengan cara ini Agan dapat terbantu hehehe

      Delete
  4. Trimkasih atas tutor sgnt bermanfaat

    ReplyDelete
  5. restar ulang tuh paling ampuh gan , reset data pabrik klo memang parah...

    ReplyDelete
  6. thanks gan tutornya, gamenya udah mendingan lancar dan nggak fc terus.

    ReplyDelete
  7. Terimakasih pak caranya sangat membantu

    ReplyDelete
  8. mantaf sangat membantu gan. terus berkarya

    ReplyDelete
  9. info nya sngt bermnfaat dan sngt mmbntu... trima ksh

    ReplyDelete
  10. Terimakasi cara sangat membantu sekali....

    ReplyDelete
  11. Terimakasi om ku tutorial iye sangat membantu banget ini.....

    ReplyDelete

Harap Berkomentar Dengan Bahasa Yang Baik Dan Tidak Melakukan Komentar Yang mengandung Penghinaan atau hal lain sejenisnya yang tidak orang lain mau.

+ GROUP FACEBOOK ANDROID GAME +
Nama Grup : Game Android (NO GAME NO LIFE)